Time Management

       Menjadi seorang pribadi yang berkarakter dan kuat itu memerlukan kemampuan time management (manajemen waktu). kemampuan ini merupakan kemampuan mengelola waktu yang dimiliki seseorang dalam menjalani kehidupannya. setiap persoalan dan masalah hidup dikelola dengan sebaik mungkin dan dengan memperhatikan waktu yang dimiliki, dan sejauh mana tingkat kepentingan dari suatu persoalan sehingga dapat membuat suatu prioritas mana yang harus didahulukan.

Kejelian dalam melihat tingkat kepentingan dan pengelolaan waktu yang baik dapat membuat sesuatu yang kita kerjakan tidak hanya benar tetapi juga tepat. sehingga langkah kita menjadi dinamis dan terus maju.

Hal yang terpenting dalam menajemen waktu adalah keberanian untuk tidak menunda pekerjaan yang menjadi prioritas, sehingga setiap permasalahan tidak berlarut-larut dan dapat selesai dengan cepat.

Dalam menentukan suatu prioritas dari pekerjaan maka kita harus mengetahui setiap resiko ataupun dampak dari pekerjaan tersebut apabila didahulukan atau dikebelakangkan.

     Orang yang dapat mengelola kemampuan seperti ini maka kehidupannya akan tertata dan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktunya. orang tersebut dapat mengetahui kapan persoalannya dapat selesai. selain itu orang tersebut dapat mengukur kemampuannya, sehingga setiap keputusan yang dia lakukan dapat dilakukan dengan pasti tanpa keraguan. perlu diperhatikan bahwa keraguan dalam mengambil keputusan merupakan awal dari kegagalan. maka Rasulullah SAW pernah menyampaikan pesan kepada kita untuk meninggalkan keragu-raguan. setiap orang yang kehidupannya dipenuhi dengan keraguan dalam mengambil keputusan maka dia akan selalu merasa khawatir, dan timbul rasa ketakutan. sehingga seluruh pandangannya akan ditutupi oleh monster besar yang sangat jahat dan selalu mengintainya. padahal solusi agar monster itu tidak mengikutinya maka ia harus menaklukan atau membunuh monster tersebut. sehingga pandangannya menjadi tajam melihat masa depan.

Dalam manajemen waktu seseorang harus menata setiap detik waktunya. setiap kegiatan hariannya diatur sehingga hari ini, hari esok dan seterusnya ia mengetahui apa yang harus dia kerjakan. Orang tua saya pernah bilang  LELAKI SEJATI  ITU TAHU APA YANG HARUS DIA LAKUKAN KETIKA IA BANGUN DARI TIDURNYA. 




NB: Seorang Tua pernah berkata "Kekuatan itu ada dalam diri LO"
 

"LELAKI SEJATI ITU PENUH SEMANGAT TIDAK KLEMAR-KLEMER"
0 Responses

Posting Komentar